Minggu, 21 Juli 2019

Wuling yang Bisa Berbahasa Indonesia



”Tolong telepon istri saya dong!”
“Buka sunroof dong!”

Jangan salah, itu bukan percakapan antara penumpang dengan pengemudinya. Itu adalah instruksi yang diberikan pengemudi kepada perangkat komando suara (voice command) yang terdapat pada mobil Wuling Almaz 7 seater, yang diluncurkan pada hari Kamis (18/7) di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 27th di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang.

Sesungguhnya, Wuling Almaz 7 seater bukan mobil pertama yang dilengkapi dengan perangkat voice command, ada banyak mobil merek lain yang menggunakannya. Namun, Wuling Almaz 7 seater adalah mobil pertama dan satu-satunya yang perangkat komando suaranya yang menggunakan bahasa Indonesia. Mobil-mobil merek lain, komando suaranya menggunakan bahasa Inggris. Dengan demikian, tidak berlebihan jika disebutkan bahwa Almaz 7 seater bisa berbahasa Indonesia.
Perangkat komando suara, yang diberi nama Wuling Indonesian Command (WIND), tidak hanya mencakup fungsi hiburan (entertainment), komunikasi (commucation), navigasi (navigation), tetapi juga peralatan kendaraan (vehicle equipment). Dengan kata lain, fungsi komando suara yang disuplai NUANCE, perusahaan Amerika Serikat, dapat mengoperasikan musik, kontrol audio, navigasi (map), telepon (melakukan panggilan telepon), mengakses file, hingga membuka/menutup sunroof, menghidupkan/mematikan wiper, membuka/menutup jendela, serta menghidupkan/membesarkan/mengecilkan dan mematikan penyejuk udara (AC).
WIND diaktifkan dengan kata-kata, ”Halo Wuling”, dan setelah perangkat itu menjawab, ”Halo,” maka pengemudi melanjutkan perintahnya, seperti, antara lain dua kalimat di atas. Tidak seperti komando suara yang berbahasa Inggris, di mana pengguna harus melatih ucapannya dalam bahasa Inggris secara baik dan benar, pada komando suara dalam bahasa Indonesia segala sesuatunya menjadi lebih mudah karena WIND lebih luwes. Kata-kata atau perintahnya tidak kaku. Misalnya, ”Hari ini tanggal berapa?” atau ”Tanggal berapa hari ini?””Jam berapa sekarang?” atau ”Pukul berapa sekarang?” WIND bahkan dapat menangkap dialek bahasa Jawa, misalnya kata ”jendela” yang dilafalkan ”jendelo”, tetap dapat dikenali.  
Kata-kata atau perintah dapat diberikan dengan dua kata, ”keraskan volumenya”, “naikkan volumenya”, ”besarkan volumenya”, tiga kata, ”tolong keraskan volumenya”, hingga empat kata, ”Saya mau volumenya dikeraskan”.
WIND pun lumayan interaktif. Misalnya, saat mau menelepon seseorang yang namanya ada di kontak, katakanlah Effendi. Jika nomor telepon yang tercatat lebih dari satu, maka komando suara pun akan memunculkan semua nomor teleponnya di layar, dan meminta kita untuk memilih salah satu nomor.
Bagi pemilik Almaz yang lama, tidak perlu kecil hati. Jika ingin menggunakan WIND, itu sangat dimungkinkan. Pemilik hanya perlu mengunjungi dealer Wuling pada pertengahan bulan Agustus, dan WIND akan di-install secara gratis, tanpa perlu mengeluarkan biaya. 

2 Komentar:

Blogger vaynick mengatakan...

Saat ini Mobil Wuling memang menjadi hits tersendiri di kalangan pencinta otomotif indonesia. Terutama Wuling Almaz 7 Seater

3 Januari 2021 pukul 06.59  
Blogger vaynick mengatakan...

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

3 Januari 2021 pukul 07.01  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda