Kamis, 15 Oktober 2009

Ferrari California Memang Beda

Ferrari dikenal sebagai perusahaan pembuat mobil sport papan atas. Mobil-mobil yang diproduksinya beperforma tinggi. Dalam waktu kurang dari 4 detik, Ferrari dapat melaju sampai kecepatan 100 kilometer per jam dari posisi berhenti. Kecepatan maksimum yang dapat dicapai melampaui 300 kilometer per jam.
Yang pasti, Ferrari bukanlah mobil yang cocok untuk penggunaan sehari-hari. Di masa lalu, tentu tidak ada yang membantah pendapat seperti itu. Namun, dengan munculnya Ferrari California, akhir tahun 2008, pendapat seperti itu tidak berlaku lagi.


Ferrari yang satu ini cocok untuk penggunaan sehari-hari. Bagaimana tidak, Ferrari California dapat melaju mulus pada kecepatan 70 kilometer dengan persneling berada di gigi persneling 7. Dan, tanpa mengganti gigi persneling, kecepatan Ferrari California dapat ditambahkan dengan 242 kilometer lagi.
Namun, Ferrari tetaplah Ferrari. Walaupun cocok untuk penggunaan sehari-hari, DNA Ferrari sebagai mobil sport papan atas yang beperforma tinggi tetap ada dalam tubuh Ferrari California. Anda hanya perlu menginjak pedal gas sampai rata dengan lantai, maka mobil itu akan melesat dengan cepatnya. Yang diperlukan hanya mengubah gaya mengendarai mobil tersebut.
Fleksibilitas seperti itu dicapai berkat sistem injeksi bahan bakar langsung (fuel direct-injection) terkini yang dipasangkan pada mesin Ferrari berkapasitas 4.297 cc, 8 silinder dalam konfigurasi V (V8).
Ferrari California memang beda dari model-model Ferrari terdahulu, mobil itu memiliki beberapa hal yang pertama. Ferrari California merupakan mobil Ferrari pertama yang menempatkan mesin di bagian depan. Sebelum ini, mesin Ferrari selalu ditempatkan di bagian tengah-belakang.
Ferrari California juga merupakan mobil keluaran Maranello (Italia) pertama yang menggunakan sistem injeksi bahan bakar langsung. Itu belum semua, Ferrari California juga merupakan Ferrari pertama yang menggunakan atap buka-tutup dari bahan metal. Juga tercatat sebagai Ferrari pertama yang menggunakan dua kopling (dual clutch) dan persneling dengan 7 tingkat kecepatan.
Dengan mesin berputaran tinggi yang menghasilkan tenaga maksimum sebesar 460 PK pada 7.750 putaran mesin per menit (rpm), berakselerasi dari 0-100 kilometer per jam dengan waktu di bawah 4 detik bukanlah hal yang menyulitkan. Anda tinggal menginjak pedal gas sampai rata dengan lantai, dan mobil melesat cepat dengan mulus diiringi deruman mesin yang menimbulkan sensasi tersendiri.
Ferrari California yang dijual dengan harga 150.000 poundsterling, dalam keadaan atap ditutup mirip 599GTB dan atap terbuka mirip F430 Spider. Dengan kata lain, dengan uang 150.000 poundsterling, Anda mendapatkan dua mobil. Sesuatu yang menurut saya sangat masuk akal. (JL)

Artikel ini dimuat di harian Kompas, 16 Oktober 2009, halaman 37

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda