Kamis, 27 Agustus 2009

Lexus HS 250h yang Dihebohkan

Internet heboh dengan kehadiran dengan kehadiran Lexus HS 250h, yang disebut-sebut sebagai versi Lexus dari Toyota Prius. Namun, pendapat itu dibantah karena Lexus HS 250h memang berbeda dengan Toyota Prius.
Persamaan Lexus HS 250h dengan Toyota Prius hanya pada sama-sama mengandalkan motor listrik sebagai penggerak, sementara mesin kovensional (mesin pembakaran dalam) yang menggunakan bensin sebagai bahan bakar hanya berfungsi membantu motor listrik yang memperoleh daya lsitrik dari baterai.



Namun, hanya itu persamaannya. HS 250h menggunakan mesin konvensional milik Toyota Avensis yang beredar di Eropa, yakni mesin bensin berkapasitas 2.4 Liter, 4 silinder segaris. Sedangkan Prius menggunakan mesin bensin berkapasitas 1.8 Liter, 4 silinder segaris. Selain itu, transmisi hibrida, motor generator, dan sistem kontrol elektroniknya juga berbeda.
Suspensi HS 250h jauh lebih baik ketimbang suspensi Prius, demikian juga sistem anti-getaran dan kesenyapan di kabin. Pendeknya, sebagai mobil hibrida, HS 250h dilengkapi semua perlengkapan kelas atas yang dimiliki sebuah Lexus, termasuk tentunya sound system kelas atas, Mark Levinson®.
Sebagai tambahan (di Amerika Serikat), pemilik HS 250h menerima semua keistimewaan yang didapat oleh pemilik Lexus, yakni bantuan jika mobil mengalami kerusakan, peminjaman mobil dari dealer jika mobil mengalami kerusakan, valet parking di semua dealer Lexus, serta perlakukan-perlakuan istimewa lainnya.
Dibandingkan dengan segmen sedan premium sekelasnya, Lexus HS 250h jauh lebih murah. Dengan konsumsi bensin, 1 liter untuk menempuh perjalanan sejauh 15,1 kilometer di dalam kota, Lexus HS 250h jauh lebih irit dibandingkan dengan mobil-mobil diesel premium yang ada di Amerika Serikat.
Bahkan, emisi Lexus HS 250h sekitar 70 persen lebih bersih ketimbang emisi rata-rata mobil-mobil baru, dan delapan kali lebih bersih daripada mobil-mobil diesel yang bersih.(JL)


Artikel ini dimuat di Harian Kompas, 28 Agustus 2009, halaman 52


Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda