Kamis, 13 Agustus 2009

Suzuki Masuki Wilayah Baru

America Suzuki Motor Corp (ASMC) mengambil langkah ke depan yang berani. Perusahaan pembuat mobil asal Jepang yang dikenal sebagai produsen mobil-mobil mungil dan sepeda motor berperforma tinggi itu kini memasuki wilayah baru (new frontier) dengan meluncurkan Kizashi, sedan sport midsize dengan sistem penggerak empat roda terkini (i-AWD).
Foto 1: Kizashi

Dengan peluncuran Kizashi, Suzuki memadukan atribut performa dinamis, desain astetik premium, dan pengerjaan yang prima dalam sebuah sedan midsize. Dan, mobil yang diharapkan akan tiba di ruang-ruang pajang Suzuki di Amerika Utara pada akhir tahun ini, akan merupakan model Suzuki yang teratas (flagship).

Foto 2 : Kizashi Concept



Dengan Kizashi, Suzuki memasuki wilayah yang benar-benar baru. Dengan kata lain, Suzuki memperluas kehadirannya, di luar mobil-mobil mungil, truk mini, jip, dan sport utility vehicle (SUV).

”Kata Jepang, Kizashi, berarti sesuatu yang hebat akan datang, tampaknya sesuai dengan mobil baru itu,” kata Kevin Saito, Presiden Suzuki Amerika, awal Agustus lalu.

Foto 3: Kizashi

Ia menambahkan, ”Saat ini, model produksi Kizashi sudah tiba. Kami berharap nama dan produk itu sendiri sudah secara jelas mendemonstrasikan pernyataan berani Suzuki bahwa dengan pemunculan Kizashi yang perdana, Suzuki melangkah maju ke masa depan.”

Foto 4: Kizashi Concept

Sedan sport Kizashi merupakan pengembangan dari mobil konsep Kizashi yang diperkenalkan dalam berbagai forum dalam dua tahun terakhir. Namun, mobil konsep Kizashi itu bukanlah sebuah sedan sport, melainkan sebuah hatchback.
Model produksi Kizashi itu mendefinisi ulang performa sedan tradisional dan mengangkat merek Suzuki satu tingkat ke atas.

Diproduksi di Jepang
Diproduksi di pabrik Suzuki yang baru di Segara, Jepang, Kizashi dilengkapi dengan mesin berkapasitas 2.4 Liter, 4 silinder segaris, double over-head camshaft (DOHC), yang dapat disetarakan dengan mesin-mesin mobil lain di kelasnya.

Mesin Kizashi termasuk ringan karena sebagian besar menggunakan bahan aluminium. Dan, penggunaan balancer shaft membuat mesin Kizashi lebih seimbang, halus, tidak berisik, dan minim getaran.

Tenaga dan torsi mesin disalurkan ke keempat roda melalui persneling manual dengan 6 tingkat kecepatan. Juga disediakan persneling otomatik yang menggunakan continuously variable transmission (CVT), yang dilengkapi pedal kecil di setir untuk melakukan perpindahan gigi persneling secara manual.

Dan, untuk membuktikan bahwa mobil itu pantas disetarakan dengan mobil-mobil sekelasnya, Kizashi diuji coba di autobahn, Jerman, ruas jalan pegunungan yang berliku di pegunungan Alpen, Swiss, jalan batu di pinggiran Inggris, dan
sirkuit Nuerburgring.

Dari segi keamanan (safety), Kizashi sangat aman. Itu tidak mengherankan, Kizashi sarat dengan perangkat keamanan, aktif maupun pasif. Mulai dari delapan bantalan udara (airbag), electronic stability program (ESP), antilock braking system (ABS), electronic brake-force distribution (EBD), dynamic vehicle control (DVC), sampai tire pressure monitoring system. (JL)


Artikel dimuat di harian Kompas, 14 Agustus 2009, halaman 42


Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda