Kamis, 03 September 2009

F-150 Raptor Si Tenaga Besar dari Ford

Amerika tetaplah Amerika. Boleh saja harga bensin naik tinggi, atau ekonomi boleh saja kedodoran, tetapi keinginan untuk memiliki mobil berkapasitas mesin besar dan dengan sendirinya bertenaga besar tidak dapat ditinggalkan. Untuk memenuhi keinginan tersebut, Ford meluncurkan truk mini F-150 Raptor yang bertenaga besar.
Raptor adalah salah satu jenis dinosaurus yang berbadan besar, ganas, dan gerakannya sangat gesit. Dan, dengan ditopang mesin berkapasitas 5.4 Liter dan 6.2 Liter yang memiliki 8 silinder dalam konfigurasi V (V8), F-150 Raptor memiliki kualifikasi seekor Raptor.



Dengan mesin berkapasitas 5.4 Liter, V8, F-150 Raptor menghasilkan tenaga maksimum 320 PK dan torsi maksimum 287 Nm. Sedangkan dengan mesin berkapasitas 6.2 Liter, V8, Raptor menghasilkan tenaga maksimum 400 PK dan torsi maksimum 295 Nm.

Dan, untuk membuktikan ketahanannya, kedua mesin tersebut diuji secara ekstrem di laboratorium, termasuk memacu mesin itu hingga 6.000 putaran per menit (rpm)—batas tertinggi—selama 150 jam atau lebih dari enam hari. Kedua mesin itu juga diuji keandalan dan ketangguhannya di gurun Borrego Springs, California, sejauh hampir 100 kilometer.

Mike Harisson dari Ford menghendaki kedua mesin itu dapat mengembangkan kemampuan maksimumnya sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan oleh konsumen. Dalam tahap perkembangannya, Ford menuntut bahwa mobil itu memiliki ketahanan mobil offroad medan ganas.

Itu sebabnya, tes ketahanan F-150 Raptor sangat padat, ganas, berdebu, dan kotor. Tes di laboratorium ditekan hingga ke batas terjauh. Pertama-tama uji coba F-150 Raptor disesuaikan dengan memperhitungkan kemungkinan konsumen menggunakannya dan kemudian mobil itu diuji sedikit lebih jauh. Namun, kedua mobil itu baru dipasarkan pada 2010. (JL)

Artikel ini dimuat di Harian Kompas, 4 September 2009, halaman 41

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda