Selasa, 29 September 2009

VW L1, Mobil Diesel Hibrida Konsep

Tanggal 15 September 2009, Volkswagen meluncurkan L1, sebuah mobil hibrida yang berbasis mesin diesel di Frankfurt Motor Show 2009. Mobil yang terbuat dari aluminium dan serat karbon itu hanya berbobot 380 kilogram, sanggup menempuh perjalanan sejauh 80,35 kilometer hanya dengan 1 liter solar, dan mengeluarkan emisi CO2 hanya 39 gram per kilometer.


Dengan sosok rendah seperti Lamborghini dan lebar 1,2 meter nilai aerodinamis atau hambatan tahanan angin (drag coefficient) L1 hanya 0,195. Dari mobil produksi massal yang ada di pasar saat ini, hanya Mercedes Benz E-Class Coupe yang nilai aerodinamisnya mendekati, yakni hanya 0,24 Cd. Namun bentuk L1yang melandai (streamline), membuat dua orang yang berada di dalamnya duduk tandem (depan belakang), dan masuk melalui atap (canopy) yang dioperasikan secara elektrik. Sebagai mobil hibrida, VW L1 menggabungkan antara mesin diesel mungil dan motor listrik (electric motor). Mesin diesel yang disandang berkapasitas 800 cc, 2 silinder, dan dilengkapi dengan teknologi commonrail. Mesin menghasilkan tenaga maksimum 29 PK dan torsi maksimum 100,3 Nm pada 1.900 rpm. Pada mode ’eco’ tenaga maksimum yang dicapai 27 PK pada 4.000 rpm. Sebuah motor listrik dengan tenaga 14 PK memungkinkan mobil melaju tanpa mengeluarkan emisi sama sekali untuk perjalanan jarak dekat. Dan, pada saat mobil berakselerasi, motor listrik itu meningkatkan torsi sebesar 40 persen. Performa VW L1 biasa-biasa saja. Kecepatan 100 kilometer per jam dari posisi berhenti dicapai dalam waktu 14,3 detik. Kecepatan maksimumnya 160 kilometer perjam. Dan, dengan tangki yang berisi 10 liter solar, L1 dapat menempuh perjalanan sejauh 670 kilometer.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda