Kamis, 06 Desember 2007

Jarum Jam Seakan Ditarik Jauh ke Belakang





Frankfurt, Jerman, 11 September 2007 pukul 08.15. Pagi itu, matahari bersinar cerah dan udara terasa sejuk. Kehidupan seakan ditarik mundur ke tahun 1886, 121 tahun yang lalu, ketika mobil pertama di dunia yang dibuat Karl Benz (1844-1920), yang dikenal dengan nama Benz Patent Motor Car No 1, lalu lalang di ruas-ruas jalan di kota Mannheim.


Bagaimana tidak replika mobil yang selama ini hanya bisa dilihat di museum mobil atau pameran mobil- mobil klasik, pagi itu lalu lalang di ruas jalan di depan Hall 2 tempat mobil-mobil buatan Chrysler dan Daimler-Benz dipamerkan.



Seorang perempuan yang mengenakan pakaian ala tahun 1880-an
mengendarai mobil replika yang beroda tiga itu dengan lincahnya
melintas di ruas jalan di depan Hall 2. Pemandangan itu benar-benar
mirip lukisan yang menggambarkan perjalanan bersejarah Bertha Ringer,
istri Karl Benz, yang dengan diam-diam mengendarai mobil itu dari
Mannheim ke Pforzheim sejauh 180 kilometer untuk mengunjungi
ibundanya.



Benz Patent Motor buatan tahun 1886 dianggap sebagai mobil
pertama di dunia. Sebelumnya, pada tahun 1860-an, memang sudah
ditemukan mobil uap. Walaupun mobil berfungsi sebagai mobil, mobil
tersebut tidak dianggap sebagai mobil dalam pengertian masa kini,
yang menggunakan mesin pembakaran dalam (internal combustion engine).
Benz Patent Motor tercatat sebagai mobil pertama di dunia yang
menggunakan mesin pembakaran dalam.

Jika ingin dianalogikan mungkin mirip manusia goa, Neanderthal,
yang hidup sebelum manusia modern, Homo sapiens. Walaupun
kehidupannya mirip manusia, Neanderthal tidak dianggap sebagai
manusia pertama, atau nenek moyang manusia. Neanderthal sempat hidup
bersama-sama dengan Homo sapiens, bahkan dipercaya juga ada menikah
dengan Homo sapiens. Namun, akhirnya Neanderthal punah karena tidak
bisa bersaing dengan Homo sapiens, yang dianggap sebagai cikal bakal
manusia modern.

Empat unit
Pagi itu, ada empat unit Benz Patent Motor yang dijalankan. Dua
dikendarai oleh perempuan dan dua lainnya oleh laki-laki, semua
mengenakan pakaian ala tahun 1880-an. Kehadiran keempat mobil beroda
tiga itu langsung menarik perhatian para wartawan yang pada pagi hari
itu sudah hadir di sana.

Beberapa wartawan bahkan ikut merasakan duduk sebagai penumpang
di mobil yang merupakan tiruan mobil yang pertama di dunia. Suara
mesin mobil itu nyaring mirip suara mesin pemotong rumput (mower).

Mobil yang menggunakan mesin empat langkah (empat tak)
berkapasitas 954 cc, yang menghasilkan tenaga 0,9 PK pada 400 putaran
mesin per menit (rpm), meluncur dengan kecepatan 18 kilometer per
jam. Rasanya seperti duduk di dalam becak yang dikendarai dengan
kencang dan agak kurang terkendali. Namun, itu hanya kesan yang
muncul sesaat, mengingat perjalanan mengelilingi stan BMW sejauh
hampir 500 meter itu berlangsung dengan aman.



Benz Patent Motor tidak memiliki kunci kontak untuk menjalankan
mesin. Mesin dijalankan dengan memutar roda gila (flywheel) yang
terletak mendatar di belakang, prosesnya mirip mengengkol. Mesin yang
terletak di belakang itu menggunakan pendingin air (evaporation
cooling
).

Empat mobil masa lalu yang lalu lalang di ruas jalan di depan
Hall 2 itu benar-benar memutar jarum jam mundur jauh ke belakang.
Pengunjung benar-benar mengalami suasana lalu lintas pada tahun 1886.

Namun, suasana masa lalu itu hanya berlangsung di ruas jalan di
depan Hall 2. Sementara di dalam Hall 2 dan hall lainnya dipamerkan
mobil-mobil masa kini dan mobil-mobil masa depan yang muncul dalam
bentuk mobil konsep. Di antara mobil-mobil yang dipamerkan di tujuh
dari 10 hall itu juga muncul mobil-mobil hibrida (hybrid) dan fuel
cell yang ramah lingkungan.(JL)

Artikel ini dimuat di harian
Kompas, 27 September 2007, halaman 46

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda