Jumat, 30 November 2007

Mobil Listrik yang Bersahabat dari Nissan

Ada hal yang menarik dari Tokyo Motor Show 2007. Hampir semua perusahaan pembuat mobil asal Jepang memajang mobil listrik konsep tulen, mobil konsep hybrid plug-in, dan mobil konsep fuel cell, di stan mereka. Hal itu tidak aneh karena sama dengan tahun-tahun sebelumnya, Tokyo Motor Show 2007 tetap konsisten dalam mengusung isu mobil-mobil yang ramah dengan alam.


Namun, dari sekian banyak mobil listrik konsep yang berukuran mungil itu ada satu yang langsung menarik perhatian, yaitu Nissan Pivo2. Selain kombinasi warnanya yang keren (cool), mobil itu juga sangat bersahabat. Mobil itu akan mengekspresikan kegembiraannya saat melihat pengendaranya mendekat. Kegembiraan itu diekspresikan melalui kedua mata pada kepala robot kecil yang terletak di samping layar monitor di dashboard.




Pivo2 itu mirip mobil beroda tiga BMW zaman dulu, yang diberi nama Isetta, di mana pengendara dan penumpangnya keluar masuk mobil melalui satu pintu yang terletak di depan. Setir Pivo2 yang hanya separuh, mirip kemudi pesawat terbang, serta pedal akselerator dan rem, menempel di daun pintu depan. Dengan demikian, saat pintu dibuka, setir mengangkat ke atas hingga menempel ke kaca, serta pedal akselerator dan rem ikut terbawa bersama daun pintu depan yang membuka. Itu dimungkinkan karena Pivo2 menggunakan teknologi drive by wire.



Kepala robot kecil itu menghadap ke luar mobil, jika mobil diparkir dan pengendara meninggalkan mobil. Ketika pengendaran kembali ke mobil, maka mata robot yang melihat keluar melalui kaca depan itu akan mengenali wajah pengendara dan menyimpulkan perasaan pengendara. Dengan demikian, robot itu tidak hanya memberikan informasi penting tentang kondisi mobil, dan keadaan disekitar mobil, tetapi juga berbicara, baik dalam bahasa Jepang maupun bahasan Inggris, untuk menghibur atau menyejukkan (hati) pengendara. Mobil itu akan menjadi mitra dari pengendaranya.



Robot itu dengan ramah (tampak pada kedua matanya) akan menyapa pengendara dengan mengatakan, “Halo”, dan diikuti dengan nyala berbagai lampu yang secara jelas menggambarkan apabila mobil tengah mengantuk, baru bangun, dan merasa senang. Mobil itu didesain seperti makhluk hidup. Kepala robot itu membalik wajahnya ke kabin, bersamaan dengan masuknya pengendara ke dalam mobil.

Untuk memarkir Pivo 2 sangat mudah. Pivo2 menggunakan kreasi baru yang diberi nama sistem METAMO, di mana tiap-tiap roda bisa bergerak independen (sampai 90 derajat). Sistem tersebut selain memungkinkan memutar di ruas jalan sempit, juga memungkinkan mobil bergerak lurus ke kiri dan ke kanan. Sama seperti Pivo 1, bodi Pivo 2 pun bisa memutar 360 derajat. Dengan demikian, pada saat akan mundur, posisi pengendara diputar 180 derajat sehingga mobil menjadi bergerak maju, atau bergerak mengikuti sisi panjang mobil.



Demikian pula, pada saat mobil bergerak lurus ke kiri atau ke kanan, posisi pengendara bisa diputar ke kiri atau ke kanan sehingga mobil selalu bergerak maju, mengikuti sisi lebar mobil.

Dengan kata lain, Pivo2 tidak memerlukan gigi persneling mundur, karena bagian depan mobil adalah ke arah mana bagian depan mobil di arahkan. Dan, saat mobil diparkir, pengendara dan penumpang bisa keluar dari sisi mana pun yang dikehendaki, tergantung dari sisi mana yang dianggap ideal.

Pivo2 menggunakan motor listrik berupa piringan 3 dimensi (3D motor) yang ditempatkan di keempat roda. Listrik untuk menggerakkan motor listrik itu diambil dari baterai lithium-ion yang tahan lama. Sebanyak 24 unit baterai lithium-ion, masing-masing seukuran laptop dengan bobot 2 kilogram, diletakkan di bawah lantai kabin. Jarak jelajah Pivo2 hanya 93 kilometer.(JL)

Jakarta, 1 Desember 2007

Label:

2 Komentar:

Blogger Apollo Lase mengatakan...

mobilnya kayak mainan...
ada miniaturnya gak ya.. wah, paling gak sanggup beli, hiks...

4 Desember 2007 06.22  
Blogger MATTRIK mengatakan...

Halo. Tesla Roadstar, Sudah mulai dipasarkan.Mobil listrik tercepat bisa dipacu hingga kecepatan 200 km/jam. Desain sporty dan interior yang mewah dijual seharga 100.000 USD wow lumayan mahal ya. Kunjungi http://www.mattriks.blogspot.com
http://www.molist.wordpress.com

19 Maret 2008 23.23  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda