Kamis, 29 November 2007

Honda FCX Clarity Dipasarkan 2008



Pada musim panas 2008, Honda secara terbatas akan mulai memasarkan FCX Clarity, yang merupakan mobil fuel cell Honda generasi pertama, yang sama sekali tidak mengeluar emisi (zero emission). Tentunya FCX Clarity hanya ini akan dijual di wilayah di mana sudah tersedia stasiun pengisian gas hydrogen, mengingat fuel cell adalah mobil yang digerakkan oleh motor listrik yang memperoleh listrik dari baterai ion lithium dan reaksi kimia antara gas hidrogen (H) dan oksigen (O2) yang diambilkan dari udara dan sisa reaksi kimia itu adalah air (H2O).

Baterai ion lithium itu akan mendapatkan pengisian listrik dari energi kenetik pada saat mobil direm atau atau menurunkan kecepatan (deselerasi), yang dikenal dengan nama regenerative braking.





Selain sama sekali tidak mengeluarkan emisi yang dapat mencemari udara, FCX Clarity juga tidak mengeluarkan suara sama sekali sehingga kehadirannya sama sekali tidak menimbulkan gangguan. Tidak seperti mobil yang menggunakan mesin berpembakaran dalam (internal combustion engine) yang menggunakan bahan bakar bensin dan terutama solar (mesin diesel).

Gas hidrogen itu dari waktu ke waktu perlu diisi kembali. Pada FCX Clarity, tangki penyimpan hidrogen mampu menyimpan 5 kilogram gas hidrogen dengan tekanan 5.000 psi (pound-force per square inc) atau 340 atmosfer. Dengan tangki terisi penuh, mobil dapat menempuh perjalanan sejauh 563 kilometer, setara dengan jarak tempuh mobil berbahan bakar minyak.

Honda juga merencanakan untuk secara terbatas menyewakan FCX Clarity kepada konsumen di bagian selatan California, Amerika Serikat, dan penyerahannya akan dilakukan pada musim panas 2008, sekitar bulan Mei-Juni. Detail tentang program sewa kontrak itu akan dikeluarkan menjelang peluncuran mobil itu. Saat ini, hanya diketahui bahwa mobil itu disewakan untuk waktu 3 tahun dengan harga 600 dollar per bulan, termasuk pemeliharaan dan asuransi kecelakaan.(JL)

Jakarta, 29 November 2007

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda