Kamis, 06 Desember 2007

Lamborghini Reventon Versus Tornado



Volkswagen Group tampaknya gemar mengadu cepat mobil-mobil sport buatannya dengan pesawat tempur. Setelah juara lomba balap Le Mans Audi R10 TDI mengadu kecepatan dengan pesawat tempur Inggris Harrier, yang memiliki kemampuan short take off & vertical landing (STOVL), awal Juli lalu, kini mobil sport mutakhirnya, Lamborghini Reventon diadu dengan pesawat tempur andalan NATO, Tornado.

Tanggal 24 November lalu, Lamborghini Reventon yang baru-baru ini dijuluki sebagai Mobil yang Tercantik di Dunia dibawa ke pangkalan militer Ghedi di dekat Brescia, Italia. Di landasan pacu (run way) sepanjang 3 kilometer, Lamborghini Reventon yang pertama kali diperkenalkan di Frankfurt Motor Show, akhir September lalu, diadu cepat dengan pesawat tempur Tornado (A200-A).

Pada tahap awal, Reventon memimpin di depan, tetapi hanya beberapa meter menjelang batas akhir, Tornado menyusul, lepas landas, dan melintas di atas Revento yang tengah dipacu dengan kecepatan lebih dari 340 kilometer per jam.



Lamborghini Reventon hanya dibuat sebanyak 20 unit, dan dijual dengan harga 1 juta euro ditambah pajak. Ke-20 unit Lamborghini Reventon itu sudah habis terjual, dan dikirim ke pembelinya pada tahun 2008.

Reventon mengandalkan mesin Lamborghini dengan kapasitas 6.5 Liter, 12 silinder dalam konfigurasi V (V12), yang bisa dibesut sampai 8.000 putaran mesin per menit (rpm), di mana tenaga maksimum mesin mencapai 640 PK. Tenaga torsi besar maksimum 660 Nm dihasilkan pada putaran mesin berapa pun. Bahkan, injakan ringan pada pedal gas langsung direspons oleh mesin. Pergantian gigi persneling robotik yang dioperasikan secara elektronis (robotized e-gear) berlangsung lebih cepat bahkan daripada pengendara yang paling ahli sekalipun. Sebagai tambahan, sistem penggerak empat roda permanen Viscous Traction menjamin seluruh tenaga secara konstan diterjemahkan ke dalam gerakan. Reventon sanggup berakselerasi dari 0-100 kilometer per jam dalam waktu hanya 3,4 detik, dan kecepatan maksimumnya lebih dari 340 kilometer per jam.



Tidak diketahui nama pembalap yang mengendarai Lamborghini Reventon dalam adu kecepatan itu. Pada adu kecepatan dengan pesawat tempur Harrier, Audi R10 TDI dikendarai Allan McNish asal Skotlandia, salah satu pembalap Audi R10 TDI di Le Mans. Dan, lomba antara Audi R10 TDI dan pesawat tempur Harrier itu dilakukan di Pangkalan Angkatan Udara Inggris dekat Peterborough.

Sama seperti Reventon, Audi R10 TDI pun kalah dari Harrier, kendati kekalahan itu hanya sepersepuluh detik. Saat dilampaui pesawat temput Harrier, Audi R10 TDI tengah melaju dengan kecepatan 240 kilometer per jam. Audi R10 TDI yang menyandang mesin diesel 5.5 Liter, V12, commonrail dan diperkuat turbocharger ganda itu menghasilkan tenaga maksimum 650 PK dan torsi maksimum 1.100 Nm.(JL)

Jakarta, 29 November 2007


Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda