Selasa, 15 September 2009

Membuat Mobil, Strategi Berani McLaren

Grup balap F1, McLaren, memperkenalkan mobil baru. Namun, mobil yang diperkenalkannya itu bukanlah mobil balap F1, melainkan sebuah mobil sport jalan raya. Dan, menurut rencana, pabrik untuk memproduksi mobil itu akan dibangun di sebelah kantor pusat McLaren di Woking, Surrey, Inggris.
Keputusan untuk memproduksi mobil sport jalan raya itu diambil menyusul tekanan yang semakin keras untuk mengurangi anggaran belanja di F1. Jika keputusan untuk mengurangi anggaran belanja di F1 itu benar-benar diambil, staf balap McLaren yang kehilangan pekerjaannya dapat ditampung di pabrik baru tersebut.



McLaren berharap sebanyak 800 orang akan dipekerjakan di pabrik
yang akan memproduksi mobil sebanyak 4.000 unit per tahun itu.
Meskipun demikian, Antony Sheriff, Direktur Pelaksana McLaren,
mengatakan kepada BBC News bahwa pada tahap awal McLaren hanya akan
memproduksi 1.000 unit per tahun.
Kendati McLaren MP4-12C dikembangkan dan akan diproduksi di
Woking, berdekatan dengan pabrik mobil balap F1, tetapi tidak ada satu
pun benda di mobil itu yang datang dari F1."Kecuali mungkin proses dan
pemikiran di belakangnya yang datang dari tempat yang sama," ujar
Antony Sheriff.
Membedah sebuah Ferrari biru merupakan bagian dari proses
pengembangan, dan McLaren memerlukan sebuah mobil untuk mengecek mesin
berkapasitas 3.6 Liter, 8 silinder dalam konfigurasi V (V8), yang
diperkuat dua turbocharger, dan menghasilkan tenaga maksimum 600 PK.
"Ini adalah mesin kami sendiri. Sama sekali tidak memiliki
kesamaan dengan mesin mana pun," kata Sheriff. Dan, dari hasil uji
coba diketahui bahwa pengendalian (handling) mobil itu sangat luar
biasa.



Mobil itu menggunakan chassis yang terbuat dari bahan serat karbon
sehingga membuat bobot mobil menjadi lebih ringan. Bobot yang lebih
ringan itu, selain membantu meningkatkan performa MP4-12C, juga
menurunkan kadar emisi CO2.
Selain membedah sebuah Ferrari, McLaren juga mempekerjakan Frank
Stephenson, mantan Direktur Desain Ferrari. Dan, ia diberikan tugas
untuk menciptakan sebuah model mobil baru yang dapat disetarakan
dengan Ferrari, Aston Martin, dan Porsche.
Tugas itu dibebankan kepadanya setelah proyek kerja sama dengan
Mercedes untuk membuat 75 unit McLaren SLR Stirling Moss senilai 1
juta dollar AS berakhir.
Sedangkan pengembangan mesin dipercayakan kepada Dick Glover,
Direktur Teknik McLaren, yang memiliki latar belakang balap yang
tinggi. Namun, di balik desain dan pengembangan mesinnya, pembuatan
mobil McLaren di luar dunia balap itu dianggap sebagai bayi yang
dilahirkan oleh Ron Dennis, bos McLaren. "Melahirkan mobil sport
beperforma tinggi seperti ini adalah mimpi saya sejak lama," kata
Glover.
Jalan pedesaan kecil di sekeliling Woking akhir-akhir ini
digunakan sebagai ajang uji coba bagi MP4-12C. Demikian juga jalan di
pedesaan Swedia, Spanyol, dan Jerman.
Mobil keluaran McLaren itu akan bertarung di segmen mobil yang
berharga jual 200.000 dollar AS hingga 290.000 dollar AS, dan McLaren
berharap krisis ekonomi sudah membaik saat mobil tersebut dipasarkan
pada tahun 2011.
McLaren terakhir memproduksi mobil jalan raya pada tahun 1998.
Perusahaan tersebut pertama kali membuat mobil jalan raya pada tahun
1994, dan mobil itu sempat menjadi mobil produksi massal tercepat yang
pernah dibuat. Salah satu varian McLaren menjuarai lomba ketahanan 24
jam Le Mans pada tahun 1995.
Sejak tahun 2003, McLaren mendesain dan memproduksi mobil sport
Mercedes Benz SLR McLaren.(JL)

Artikel ini dimuat di harian Kompas, 11 September 2009, halaman 42



Label:

1 Komentar:

Blogger vaynick mengatakan...

Mclaren yang biasa nya memmbuat Mobil balap. tetapi kali ini bukan sebagai mobil balap F1, melainkan sebuah mobil sport jalan raya. bener2 Mclaren keluar dari Zona Nyaman

3 Januari 2021 pukul 07.19  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda