Minggu, 31 Agustus 2008

Puas dan Bangga...


Kaoru Hosokawa, Chief Engineer Product Planning Toyota Commercial Vehicle Development Center Toyota, mengungkapkan puas dan bangga bahwa Kijang Innova dapat menggantikan peran Kijang lama (kapsul) sebagai mobil keluarga yang paling diminati di Indonesia. Karena itu berarti hasil kerja kerasnya tidaklah sia-sia. Apalagi, kata Hosokawa, Innova juga lebih baik daripada Kijang kapsul, terutama dari segi efisiensi bahan bakar.




Pada saat ia menerima tugas barunya sebagai Chief Engineer Product Planning Toyota Commercial Vehicle Development Center Toyota pada tahun 2002 ia sempat bingung dan gundah, apakah ia dapat mengemban tugas itu sebagaimana yang dibebankan kepadanya. Mengingat, salah satu tugasnya adalah membuat sebuah mobil keluarga baru untuk menggantikan Kijang lama. Namun, setelah melakukan riset yang mendalam tentang kendaraan seperti apa yang cocok dijadikan sebagai mobil keluarga di Indonesia, lahirlah Kijang Innova.

Sebagai Chief Engineer Product Planning Toyota Commercial Vehicle Development Center, tugas Hosokawa adalah mendesain innovation international multipurpose vehicle (IMV) yang dapat diterima secara global, di berbagai negara, terutama dari segi kualitas. Kendaraan yang dikembangkan di bawah bendera IMV itu antara lain Innova, Hilux, dan Fortuner.

Hosokawa yang sudah bekerja di Toyota selama 29 tahun mengungkapkan, sungguh tidak mudah mendesain sebuah kendaraan yang bisa diterima di banyak negara, mengingat tuntutan konsumen di tiap-tiap negara itu berbeda-beda. Sebagai contoh, tuntutan masyarakat Indonesia akan sebuah mobil adalah mobil tersebut dapat memuat sedikitnya tujuh orang, berbeda dengan tuntutan masyarakat Singapura, Malaysia, dan Thailand, di mana mobil dapat memuat dua sampai tiga orang.

Itu sebabnya, kata Hosokawa, mengembangkan IMV itu sama seperti mengembangkan batang pohon yang sama yang dapat diterima di berbagai negara. Perbedaan spesifik di tiap-tiap negara diwakili oleh perbedaan pada cabang-cabang dan ranting-rantingnya saja. ”Secara umum bisa dikatakan bahwa 80 persen kebutuhan orang Asia itu sama, perbedaan-perbedaannya terdapat pada yang 20 persen sisanya,” ujarnya.

Jika memerlukan sebuah MPV yang dapat memuat 8 orang, pilihan jatuh pada Innova. Jika memerlukan kendaraan bak terbuka atau mobil boks, pilihan jatuh kepada Hilux. Sedangkan jika ingin sebuah crossover sport utility vehicle (SUV) yang dapat memuat tujuh orang, tersedia Fortuner. Ketiga kendaraan itu berbasis IMV.
Hosokawa yakin, ke depan Kijang Innova masih akan menjadi mobil keluarga yang paling diminati di Indonesia, mengingat jika dilihat dari rentang harga jualnya, Kijang Innova yang dapat memuat delapan orang dewasa dengan leluasa itu tidak mempunyai pesaing langsung. Berbeda dengan di masa lalu, di mana Kijang lama memiliki pesaing, seperti Mitsubishi Kuda dan Isuzu Panther.(JL/JPE)



Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda