Minggu, 05 Oktober 2008

Peminat Honda City Masih Harus Menunggu

Bagi peminat sedan subkompak multifungsi dari Honda, tampaknya masih harus bersabar menunggu, mengingat All New Honda City baru akan memasuki pasar otomotif Indonedia bulan Desember mendatang, atau bahkan awal Januari 2009.



Kendati di Thailand All New Honda City sudah dipasarkan sejak tanggal 10 September lalu, tetapi karena satu dan lain hal, sedan subkompak yang terlaris di Indonesia itu memang paling cepat baru akan dimasukkan oleh PT Honda Prospect Motor, agen tunggal pemegang merek Honda di Indonesia, pada bulan Desember.

Dalam tahun 2008, dari bulan Januari sampai akhir Agustus 2008, Honda City terjual sebanyak 3.821 unit. Itu menempatkan Honda City di urutan pertama, diikuti oleh All New Toyota Vios (3.558 unit), Suzuki Neo Baleno (1.836 unit), dan Chevrolet Kalos (299 unit).



Peminat memang sudah menunggunya. Itu hal wajar, mengingat model Honda City yang saat ini dipasarkan di Indonesia, mengawali kehadirannya tahun 2003, lima tahun lalu. Memang Honda City sempat mengalami beberapa kali perbaikan penampilan, tetapi perbaikan penampilan itu hanyalah bersifat kosmetik, atau populer dengan sebutan dress up atau face lift.

All New Honda City yang dipasarkan di Thailand, 10 September lalu, itu benar-benar Honda City model baru. Bukan hanya sosoknya yang berubah total, tetapi juga interior dan mesin yang disandangnya.

Dibandingkan dengan pendahulunya, dari segi dimensi, All New Honda City bertambah panjang 0,5 sentimeter (cm), menjadi 4,395 meter, dan bertambah lebar 0,5 cm, menjadi 1,695 meter. Sementara tingginya, berkurang 2,5 cm, menjadi 1,470 meter.



Foto: Honda City dan Honda FCX Clarity

Dari depan, wajah All New Honda City selintas mirip wajah Honda FCX Clarity dalam bentuk mungil, keren abis. Dan, untuk mesin, All New Honda City akan menyandang mesin berkapasitas 1.5 Liter, 4 silinder segaris, 16 katup (4 katup per silinder), yang dilengkapi dengan variable valve timing and lift electronic control with intelligent (i-VTEC). Sama persis seperti mesin yang disandang oleh All New Honda Jazz.

Sampai kini, Honda belum menyebutkan spesifikasi mesin yang disandang oleh All New Honda City. Namun, jika melihat spesifikasi mesin yang disandang oleh All New Honda Jazz, maka tenaga maksimum yang dihasilkan 118 PK pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.800 rpm.

Penggunaan teknologi i-VTEC membuat mesin lebih bertenaga, tetapi tetap hemat dalam mengonsumsi bahan bakar dan ramah terhadap lingkungan.
Honda City generasi pertama diperkenalkan pada tahun 1996, dan langsung mendapatkan sambutan dari konsumen di berbagai negara Asia, yang menginginkan sebuah sedan kecil yang ekonomis.(JL)




Label:

1 Komentar:

Blogger aswin mengatakan...

hai bung James, salam kenal. bagaimana pendapat anda tentang harga all new honda city yg baru di launching. Apakah sepadan dengan mobilnya? menurut saya kok kemahalan. Aswinnugroho@gmail.co.id

11 Desember 2008 01.11  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda