Sabtu, 04 Oktober 2008

Toyota Pretty sebagai Duta Toyota


Setiap agen tunggal pemegang merek (ATPM) memiliki kiat sendiri dalam memasarkan kendaraan bermotor. Salah satunya adalah dengan menggunakan sales promotion girls, yang lebih dikenal dengan singkatannya, SPG. Umumnya mereka adalah gadis-gadis muda yang cantik, menarik, dan supel, serta cerdas dalam menjawab pertanyaan konsumen tentang produk yang dijaganya di dalam pameran.

Foto: Tasya dan Lidya



Toyota Astra Motor (TAM) pun tidak terkecuali. ATPM yang menjual mobil bermerek Toyota di Indonesia itu pun menggunakannya. Namun, TAM tidak hanya menggunakan SPG untuk mempromosikan mobil-mobil bermerek Toyota, mereka juga menjadikan SPG sebagai duta Toyota.

Dalam kaitan itulah, TAM menyebut SPG yang dipekerjakannya dengan nama Toyota Pretty (baca: Pritie). Mengingat gadis-gadis itu tidak hanya bertugas sebagai SPG pada saat pameran, melainkan juga mendampingi para wartawan dalam acara test drive mobil Toyota dan menjadi model dalam sesi pemotretan (photo session), menjadi gadis payung (umbrella girls) pada acara balapan mobil yang melibatkan Toyota, serta sangat selektif menjadi model iklan Toyota.



Sesuai dengan namanya, Toyota Pretty, maka gadis-gadis yang yang dipilihpun haruslah pretty, yaitu cantik, menarik atau atraktif. Molek, dan manis. Persyaratan tambahan adalah tinggi 170 sentimeter, supel atau pandai bergaul, dan cerdas.

Umumnya para gadis itu direkrut dari siswa SMA, lulusan SMA, atau bisa juga dari kalangan mahasiswa. Yang terpenting adalah mereka belum menikah.

Toyota Pretty biasanya direkrut menjelang penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS), yang dulu bernama Gaikindo Auto Expo, untuk menjaga stan Toyota yang biasanya paling besar. Jumlah yang direkrut biasanya sekitar 50 orang. Setelah IIMS selesai ke-50 orang itu diseleksi lagi menjadi hanya setengahnya saja. Pada tahun 2008 ini yang tersisa hanya 21 orang saja, padahal yang ideal seharusnya itu 25 orang.



Kehadiran Toyota Pretty dalam acara yang diselenggarakan TAM membuat acara berlangsung lebih semarak dan meriah. Salah satunya adalah pada acara road show, test drive, dan reli santai Toyota Yaris di dalam kota Surabaya, Jawa Timur, 22 Februari 2006.

Dalam test drive Toyota Alphard ke Bandung, 8 Agustus lalu, ikut serta dua Toyota Pretty. Mereka adalah Tasya, dan Lidya yang terpilih sebagai Miss IIMS 2008. Mereka dijadikan sebagai model dalam sesi pemotretan Toyota Alphard di kota Bandung. Dengan kehadiran kedua Toyota Pretty itu suasana test drive dan pemotretan berlangsung semarak, jauh daripada suasana kaku yang biasanya menyertai acara test drive dan sesi pemotretan itu.(JL)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda