Senin, 29 September 2008

Volkswagen Mini Truk Konsep

Ternyata Volkswagen tidak berhenti pada sport utility vehicle (SUV) atau kendaraan setara jip. Pada Frankfurt Motor Show 2008, yang dikhususkan bagi kendaraan niaga, pekan lalu, Volkswagen AG memperkenalkan Volkswagen Pick Up Concept. Mini truk 1 ton yang didesain oleh Walter deā€™Silva, Kepala Departemen Desain Volkswagen AG, itu akan memasuki segmen yang ditempati oleh Toyota Hilux, Mitsubishi L200 Strada, dan Nissan Navara.


Setelah sukses dengan Volkswagen Touareg, SUV midsize, pada tahun 2002 dan Volkswagen Tiguan, SUV compact, pada tahun 2006, kini pada tahun 2008, Volkswagen pun bermain di kelas mini truk 1 ton. Walaupun mobil itu didesain bagi penjaga pantai untuk kegiatan SAR (Search and Rescue), tetapi diperkirakan mobil akan memasuki tahap produksi pada tahun 2009.



Walaupun Volkswagen AG baru memproduksi SUV pada tahun 2002, tetapi perusahaan pembuatan mobil asal Jerman itu telah berpengalaman membuat jip sejak lama, sejak perusahaan itu masih bernama KdF Wagen. Pada tahun 1939, dua tahun sebelum jip diciptakan di Amerika Serikat, KdF Wagen sudah membuat Kuebelwagen, kendaraan tempur yang bentuknya mirip jip.



Bukan itu saja, pada tahun yang sama, KdF Wagen bahkan telah memproduksi mobil amfibi, yang diberi nama Schwimmwagen (mobil berenang).Menurut rencana, mini truk yang diproduksi di pabrik Volkswagen di Argentina, Amerika Selatan, interiornya cukup mewah, mirip interior Audi TT.



Sedangkan untuk mesin, Volkswagen akan menggunakan mesin diesel berkapasitas 2.0 Liter atau 3.0 Liter yang dilengkapi dengan teknologi commonrail.
Saat ini, Volkswagen Pick Up Concept yang diperkenalkan adalah model kabin ganda (double cabin) dengan empat pintu, yang panjangnya 5,18 meter dan lebar 1,9 meter. Dan, menurut rencana, pada tahap awal mobil akan dipasarkan di Eropa, Amerika Selatan, Afrika Selatan, dan Australia pada akhir tahun depan.(JL)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda