Senin, 07 Juli 2008

Bentley Sempurnakan Performa Continental Flying Spur

Sejalan dengan penyempurnaan yang dilakukan terhadap Continental GT Coupe tahun lalu, kini Bentley mengumumkan, penyempurnaan yang sama juga dilakukan pada Continental Flying Spur, Continental GT versi empat pintu. Penyempurnaan itu telah membuat Continental Flying Spur menjadi sedan produksi massal yang tercepat di dunia. Bagaimana tidak, Continental Flying Spur sanggup dibesut sampai 322 kilometer per jam.



Secara kasatmata, Continental Flying Spur keluaran 2009 bisa
dibedakan dengan pendahulunya, antara lain pada desain grille radiator
depan, bemper belakang, dan penahan lampu belakang. Velg menggunakan
bahan alloy berpalang 5 dengan ukuran 19 inci dan ban Pirelli UHP.
Secara opsional, juga disediakan velg alloy dengan ukuran 20 inci.
Bukan hanya itu, untuk pertama kali secara opsional disediakan kampas
rem dari bahan karbon/silicon carbide (CCB) bagi Flying Spur.

Di bawah kap mesin masih tetap terdapat mesin berkapasitas 6.0
Liter, 12 silinder dalam konfigurasi W (W12), tetapi tenaga maksimum
yang dihasilkan meningkat dari 558 PK pada 6.000 rpm menjadi 608 PK
dan torsi maksimumnya pun meningkat dari 650 Nm pada 1.600 rpm menjadi
750 Nm pada 1.750 rpm.

Peningkatan tenaga dan torsi maksimum itu membuat Continental
Flying Spur sanggup berakselerasi dari 0-160 kilometer per jam dalam
waktu 10,4 detik dari sebelumnya 10,5 detik. Dan, dari kecepatan 80-
120 kilometer per jam dicapai hanya dalam waktu 2,4 detik, sebelumnya
3,1 detik.

Perubahan substansial dilakukan pada suspensi dan sistem setir
sehingga dapat menyesuaikan diri dengan perkembangankecepatan. Bentley
telah memenangi reputasi pada mobil-mobil modernnya yang mengusung
waftability (penyaluran tenaga dan torsi ke roda secara halus dan
lembut), kenyamanan, dan berperforma sporty.

Sistem setir Servotronic yang menyesuaikan diri dengan kecepatan
disetel ulang dan dalam kecepatan tinggi suspensi dari bahan aluminium
akan turun sekitar 1 sentimeter dari level normal. Turut disetel juga
per (pegas) dan peredam guncangan. Anti-roll bar di depan dan belakang
juga dipertebal.

Flying Spur juga lebih senyap. Lapisan akustik bagian dalam yang
secara standar terdiri dari dua lapisan disempurnakan dan lapisan
akustik di bagian bawah lantai mobil dan di sekitar roda pun kini
diperbanyak menjadi tiga lapis sehingga suara roda yang beradu dengan
aspal tidak menerobos masuk ke kabin.

Seperti biasa, pada Continental Flying Spur keluaran 2009, Bentley
pun memastikan bahwa setiap pembeli Bentley dapat memilih sendiri
warna eksterior mobil serta warna dan bahan-bahan interiornya. Dengan
demikian, sangat sulit bagi seseorang untuk menemukan dua Bentley yang
benar-benar sama.(JL)


Artikel ini dimuat di harian Kompas, 4 Juli 2008, halaman 48



Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda