Sabtu, 29 November 2008

Porsche Panamera Dipasarkan Juni 2009

Porsche Panamera baru akan dipasarkan pada bulan Juni 2009. Walaupun masih enam bulan lagi, tetapi Porsche AG yang berkedudukan di Stuttgart, Jerman, telah merilis foto resmi Panamera sebagaimana aslinya. Desain, sosok, dan siluet Panamera yang khas mobil empat pintu keluaran Porsche, menjadikan mobil itu dapat langsung disisipkan sebagai anggota keluarga Porsche yang baru.


Panamera yang didesain sebagai mobil sport grand touring berpintu empat memadukan beberapa talenta khusus yang dimiliki mobil-mobil keluaran Porsche, yakni pengendaraan sport yang dinamis, interior yang mewah dan sporty, dan kenyamanan berkendara yang tinggi. Jika disandingkan dengan mobil sport 911, Boxster, Cayman, dan Cayenne yang sport utility vehicle (SUV), maka Panamera merupakan model serie yang keempat.

Panamera berukuran panjang 4,970 meter, lebar 1,931 meter, dan tinggi 1,418 meter. Dengan dimensi seperti itu, Panamera lebih lebar dan lebih rendah ketimbang mobil empat pintu lainnya.

Para desainer berhasil memosisikan Panamera sebagai model baru yang berbeda, walaupun masih mempertahankan ciri khas Porsche. Dalam gaya dan detail, Panamera mengikuti filosofi desain 911 yang terus disempurnakan dalam beberapa decade, dan secara sukses juga diterapkan pada Boxster, Cayman, dan Cayenne.



Walaupun berpintu empat, tetapi Panamera memiliki DNA sebuah coupe (mobil berpintu dua). Selain memukau, sosok Panamera pun terlihat bertenaga. Sama seperti model-model Porsche lainnya, Panamera pun berorientasi pada keinginan dan keperluan pengendara.

Namun, mengingat Panamera juga dimaksudkan sebagai mobil untuk penggunaan sehari-hari, maka keempat kursi dibuat senyaman mungkin. Bagasi dibuat cukup lapang untuk dapat memuat barang milik semua penumpang.



Mesin V6 atau V8
Untuk mesin, Panamera tidak menggunakan mesin mendatar atau horizontal berlawanan, yang lebih populer dengan nama mesin boxer. Mesin yang dipilih adalah mesin berkonfigurasi V, dengan 6 atau 8 silinder, dengan kisaran tenaga dari 300 sampai 500 PK. Beberapa mesin menggunakan turbocharger, injeksi bahan bakar langsung, yang membuat mesin itu bertenaga dan tetap hemat dalam mengonsumsi bahan bakar.

Dan, tenaga dan torsi mesin itu disalurkan ke roda melalui persneling manual dengan 6 tingkat kecepatan, atau persneling otomatik dengan 7 tingkat kecepatan yang dilengkapi dua kopling, yang juga disebut dengan nama Porsche Doppelkupplung (PDK).

Sebagai tambahan terhadap varian yang menggunakan penggerak roda belakang, Panamera juga akan muncul dengan varian berpenggerak empat roda, yang merupakan varian yang teratas. Panamera juga akan muncul dengan varian mobil hibrida.



Detail lebih jauh mengenai mesin, persneling, harga, dan perangkat pelengkap
akan diungkapkan pada bulan Maret mendatang.

Panamera akan diproduksi di pabrik Porsche di Leipzig. Sementara mesin Panamera dibuat di pabrik utama Porsche di Zuffenhausen, sedangkan potongan-potongan bodi disalurkan oleh pabrik Volkswagen di Hanover. Sekitar 70 persen dari seluruh komponen Panamera dibuat di Jerman, itu sebabnya mobil yang direncanakan akan diproduksi sebanyak 20.000 unit per tahun itu disebut sebagai mobil ”Made in Germany”.(JL)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda