Rabu, 18 Februari 2009

Kawasaki Ninja 250R salah Satu Motor Favorit

Memiliki sepeda motor besar itu impian setiap pengendara sepeda motor, apalagi yang sepeda motor besar berpenampilan sport. Harga yang mahal saja yang menjadikan tidak banyak orang yang mampu mewujudkan impian untuk memiliki sepeda motor besar itu.





Pada pertengahan tahun lalu, PT Kawasaki Motor Indonesia mencoba peruntungan dengan memasukkan Kawasaki Ninja 250R yang ditawarkan dengan harga Rp 44.9 juta. Dengan kapasitas mesin 250 cc, Kawasaki Ninja 250R dapat dikategorikan sebagai motor besar.
Sosoknya yang bergaya sport itu tampaknya menjadi daya penarik tersendiri.

Freddyanto Basuki, Manajer Departemen Pemasaran dan Pengembangan Riset, Divisi Pemasaran, PT Kawasaki Motor Indonesia, pekan lalu, mengatakan, dalam waktu lima bulan, Kawasaki Ninja 250R sudah terjual sebanyak 7.500 unit. Pencapaian itu diluar dugaan, mengingat PT Kawasaki Motor Indonesia sebelumnya hanya menargetkan penjualan sebanyak 5.000 unit sampai akhir tahun 2008.

Kawasaki Ninja 250R yang turun dengan tiga pilihan warna, yakni merah, hitam, dan hijau, memang cukup berwibawa untuk diparkir berdampingan dengan motor-motor besar lainnya, yang harga jualnya jauh lebih mahal. Pada tahun 2009, akan dipasarkan Kawasaki Ninja 250R yang berwarna biru.



Tenaga besar

Kawasaki Ninja 250R menyandang mesin 4 Tak (4 Langkah), 249 cc, 2 silinder sejajar, DOHC, 8 katup (4 katup per silinder), menghasilkan tenaga dan torsi yang cukup besar, yang memungkinkan Ninja 250R yang berukuran menengah itu lincah dikendarai di ruas-ruas jalan di dalam kota dan asyik untuk perjalanan jarak jauh, antarkota.
Tenaga maksimum 30 PK dihasilkan pada 11.000 putaran per menit (rpm) dengan batas garis merah pada 13.000 rpm. Sedangkan torsi maksimum 22 Nm dihasilkan pada 9.500 rpm. Performa mesin seperti itu membuat performa N250R benar-benar seperti sepeda motor balap. Meskipun demikian, tidak berarti Ninja 250R tidak asyik dikendarai untuk pengendaraan santai di dalam kota.




Tangki bensin Ninja 250R berkapasitas 18 liter, sementara konsumsi bensinnya, 1iter untuk melakukan perjalanan sejauh 30-35 kilometer (km). Dengan demikian, daya jelajah Ninja 250R sejauh 540-630 km. Akan tetapi, mengingat rasio kompesi Ninja 250-R 1 : 11,6, menjadikan bahan bakar yang prima untuk sepeda motor itu adalah Pertamax Plus.

Penggunaan suspensi garpu telescopic Showa 37 milimeter (mm) di depan dan Uni-Trak Kayaba di belakang yang memiliki 5 setelan kekerasannya (untuk pemakaian sendiri atau berdua di jalan mulus atau bergelombang) membuat Ninja 250R pengendaliannya stabil dan ban melekat erat dipermukaan jalan. Selain itu, sistem pendingin cairan membuat suhu mesin tetap terjaga sehingga performa mesin tetap stabil, yang diperlukan terutama pada saat melakukan perjalanan jarak jauh.
Didukung sistem knalpot 2-1 (2 leher yang menyatu di tengah), membuat torsi mesin disalurkan dengan lembut dan nyaman. Knalpot Ninja 250R juga dilengkapi dengan silencer dan dua katalitik konventer sehingga suara mesin tidak berisik tetapi tanpa kehilangan tenaga serta emisi yang dikeluarkan ramah lingkungan.(JL)


Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda